Kamis, 29 November 2012

 Hati
Terletak didalam rongga perut sebelah kanan dibawah sekat rongga atau diafragma.Hati merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh yang berwarna merah tua, beratnya kira-kira 2 kg (pada orang dewasa).Hati disebut organ sekresi karena hati mengeluarkan empedu.
Empedu yang dihasilkan di hati akan ditampung dalam kantong empedu dan disalurkan ke usus 12 jari melalui saluran empedu.Empedu mengandung zat sisa yang berasal dari sel darah merah yang telah rusak dan dihancurkan dalam limpa.
Selain sbg alat ekskresi, hati juga berfungsi untuk :
1)        Menyimpan gula dalam bentuk glikogen
2)        Mengatur kadar gula dalam darah
3)        Menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh
4)        Tempat pembuatan protrombin dan fibrinogen
5)        Tempat pengubahan provitamin A menjadi vitamin A
6)        Tempat pembentukan urea
·           Gangguan pada hati
Hati dapat mengalami gangguan atau kelainan, contohnya :
a.         Penyakit Kuning
Orang yang menderita sakit kuning saluran empedunya tersumbat sehingga empedu tidak dapat dialirkan ke dalam usus 12 jari.Empedu tsb masuk kedalam darah sehingga warna darah menjadi kekuningan.Karena diseluruh tubuh terdapat pembuluh darah, maka tubuh aka tampak kekuning-kuningan.
b.        Hepatitis
Adalah radang hati yang disebabkan oleh virus.Ada beberapa macam virus  hepatitis, misalnya virus hepatitis A dan B.Hepatitis B lebih berat dari hepatitis A dan dapat menular lewat darah atau cairan tubuh lain.Umumnya penderita hepatitis A tertular dari makanan yang terkontaminasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar